Antivirus Palsu Mulai Marak

Kini bukan hanya virus saja yang berbahaya dan dapat menginfeksi computer Anda, namun bahkan antivirus palsu pun sudah dibuat untuk merusak system. Banyak ahli keamanan yang telah melakukan penelitian terhadap antivirus palsu ini, dan sekaligus telah mengingatkan user untuk berhati-hati terhadap antivirus palsu yang mulai marak.
Aplikasi keamanan yang sukar dideteksi tersebut bersembunyi di balik tool antivirus yang terlihat asli. Namun, seringkali antivirus tersebut telah menampilkan hasil scan yang salah atau membuat pop-up windows yang isinya mengingatkan user bahwa system computer mereka telah ‘terinfeksi’.

User yang tidak tahu pasti akan mempercayai hasil dari antivirus palsu yang tampak asli tersebut, dan kemudian user akan mendownload atau membayar uang untuk memiliki software antivirus tersebut. Namun, sayangnya antivirus tersebut selanjutnya tidak dapat diinsntal atau dipakai.

Kehilangan sekitar USD 50 untuk program antivirus palsu ini sangat memprihatinkan, namun user yang menjadi korban seharusnya lebih khawatir mengenai kehilangan yang lebih banyak lagi dari system computer-nya. Sebagai contoh, sekali hacker mendapatkan informasi kartu kredit, maka resiko yang akan menimpa user akan jauh lebih besar.”, kata Macky Cruz, team member komunikasi teknis dari Trend Micro.

Salah satu antivirus palsu yang mengandung malware adalah WinAntispyware 2008, yang dapat mengubah desktop user dan preference system computer untuk menampilkan pesan peringatan dan menghasut system scanning untuk membodohi user agar user mau membeli tool keamanan, yang sebenarnya perlu digunakan. Sumbelt Software telah merinci antivirus palsu antara lain Windows AntiVirus, Windows AntiVirus 2008, AntiVirus Lab 2009, dan Antispyware Pro XP. Untuk itu Computer Emergency Response Team dari Amerika menyarankan user untuk menginstal atau mendwonload software keamananhanya dari situs atau vendor yang terpercaya saja.

Tentang bilqis

...mencoba mencari ketenangan hati dengan berbagi....
Pos ini dipublikasikan di computer dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s